Selasa, 20 Maret 2012

Penjelasan tentang Ncamputing

Ncomputing adalah terminal pertama di dunia yang tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa. Dengan Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access) teknologi, Ncomputing dapat meng-ekspansi PC anda sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu).
 


a. Pengertian dasar
Nama ncomputing berasal dari bentuk matematika, yaitu “n” yang berarti jumlah penambahan yang berlangsung secara kontinue dan terus menerus. Dalam kasus ini penambahan yang dimaksudkan adalah penambahan pengguna dalam membagi-bagi sebuah komputer.
Ncomputing ini pada dasarnya adalah sebuah terminal pertama di dunia yang tidak membutuhkan banyak perangkat-perangkat keras, seperti prosessor, hard drive, cd/dvd-Rom, dan lain sebagainya, sehingga dengan adanya terminal ini, dapat berfungsi sebagai virtual desktop yang dapat membagi (sharing) satu komputer/pc kepada beberapa pengguna (user) secara simultan.
b. Sejarah NComputing
Pada tahun 2003, Young Song, pendiri perusahaan eMachines, bertemu dengan pengusaha asal Jerman Klaus Maier (sebelumnya CEO dari hydrapark), dimana mereka sebelumnya sudah menghabisakan waktu lebih dari 10 tahun dalam mengembangkan perangkat lunak yang merupakan inti dasar dari NComputing. Mereka membentuk sebuah team untuk mengembangkan perangkat keras pelengkap di Rusia, saat perangkat lunak ncomputing dibuat di Polandia. Stephen Duke adalah pemimpin sebelumnya dari eMachines, yang bergabung dengan NComputing di Januari 2006 untuk memimpin perusahaan ncomputing.
Kantor pusat Ncomputing berada di kota Redwood, Canada serta beberapa kantor cabang yaitu di Amerika, Australia, Canada, Cina, Jerman, India, Korea, Polandia, Rusia, dan inggris, sera distributor-distributor yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.
c. Prinsip Kerja NComputing
Prinsip kerja dari ncomputing ini sebenarnya adalah memanfaatkan sebuah komputer sebagai sebuah server untuk mampu membuat beberapa virtual desktop. Oleh karena itu, untuk sebuah server pada sebuah ncomputing, dibutuhkan speseifikasi yang tinggi. Penggunaan spesifikasi server yang rendah, akan membuat client yang berjalan menjadi sangat lambat. Ncomputing ini memanfaatkan perangkat lunak virtualisai (vSpace) yang memungkinkan penggunaan banyak akun pemakai (user) untuk dapat berjalan secara simultan dan bersamaan pada komputer tunggal. Terminal ncomputing ini menghubungkan perangkat-perangkat keras seperti keyboard, mouse, monitor/lcd, dan lain sebagainya ke pengguna PC yang di-share.
Beberapa keuntungan menggunakan Ncomputing diantaranya:
• Tidak berisik dan pengunaan listrik kecil hanya 5 watt
• Supports high resolution tampilan monitor
• Aman dan cepat
• Siap dan mudah digunakan
• Biaya lebih efektif
• Tidak membutuhkan perawatan
• Kompatibilitas
• Pengoperasian Windows secara Simultan
• Desain yang ringkas
Kelemahan Ncomputing :
·      Tidak di sarankan untuk aplikasi 3D seperti game multiplayer, editing, picture dll.
·      Tipe tertentu kurang bagus untuk play video / flash kecuali tipe ncomputing U170 dan Ncomputing L300.
·      Ketika masuk ke windows cpu servernya maka IPAddres yg terdetect adalah ipaddres cpu servernya karena cara kerja alat ini Remote Desktop user-user yang ada di cpu servernya tapi dasarnya IPAddresnya berbeda untuk bisa konek ke cpu servernya. Hal ini akan membatasi user dalam menggunakan beberapa program yang membutuhkan alamat IP berbeda seperti program IPMsg (IP based messeging), print control, Software auditing dan program lain yang berbasis jaringan. (Solusi : cara setting ipaddres di ncomputing)
·      Tidak di sarankan untuk aplikasi high network seperti VPN dll atau database, namun jika aplikasi Anda bisa di pakai dg model di remote desktop oleh cpu lain, maka seharusnya Alat ini bisa juga.
·      Seri X dan U tidak ada ipaddress, jadi tidak sama dengan ncomputing seri L. (Solusi seri X dan U pakai ipaddress virtual ncomputing)
·      Spare part tidak dijual umum tapi bisa di servicekan selama order dari Perusahaan kami.
·      Harga ncomputing Lumayan Mahal dibanding PC Station.

Kelebihan Ncomputing :
·      Hanya butuh 1 Komputer saja untuk Host
·      Instalasi mudah
·      Konsumsi daya hanya 3 – 5 Watt (saving cost 80%)
·      Memiliki IP Address di masing-masing Ncomputing seri L
·      Software cukup di Host saja
·      Investasi lebih murah dibanding Personal Komputer (Hardware dan Software)
·      Tidak perlu perawatan, karena tidak pakai Harddisk, RAM, CPU ( saving cost 85% )
·      Upgrade Sistem hanya pada Host
·      Satu PC bisa digunakan / sharing hingga lebih 30 user dengan melakukan pekerjaan yang berbeda-beda
·      Cukup investasi 1 Lisence software pada Server ( saving cost 90% )
·      Mengurangi investasi dan Upgrade Komputer ( saving cost 70% )
·      Ukuran yang kecil dan tipis akan bisa menghemat tempat ( saving area 65% )
·      Bebas virus selama cpu servernya kondisi baik





A.Macam-macam jenis Ncomputing
1.Ncomputing seri X
Ncomputing jenis ini adalah tipe yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah kabel kategori 5 (CAT 5) ke sebuah kartu PCI yang di dimana perangkat lunak vSpace nya di install di PC yang akan kita share. Sejak umumnya dalam sebuah PC terdapat 2 port PCI, teknologi seri X ini hanya mendukung 2 kartu PCI. Jarak maksimum antara PC dan terminal NComputing seri X adalah 10 meter atau sekitar 30ft menggunakan kabel kategori 6 (CAT 6). Seri X di kemas dalam satu box yang terdiri dari 1 kartu PC dan beberapa terminal NComputing, tergantung dengan jenis produknya.
2.Ncomputing seri L
Tidak seperti halnya dengan seri X, NComputing seri L tidak menggunakan kartu PCI. Terminal seri L menghubungkan keyboard, mouse, dan monitor pengguna dan PC yang akan di share (Host PC) dihubungkan menggunakan standar kabel jaringan melalui switch atau router. Komputer PC yang di share ke pengguna jika menggunakan seri L dapat mencapai hingga 30 pengguna dengan spesifikasi perangkat keras dan operating systemnya sekelas server, dan 10 pengguna jika menggunakan spesifikasi pc komputer dan operating system sekelas desktop. NComputing seri L di kemas dengan perangkat lunak vSpace dan terminalnya.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar